Minggu, 01 Oktober 2017

Tempe BALLs

BOLA BOLA TEMPE

Assalamualaikum readers...
Ketemu lagi nih, postingan yang sudah dinantikan. Gimana? Kemarin udah coba belum resep-resep postingan aku sebelumnya!. Kalo belum aku ada resep baru niih, mau coba? Gak ribet-ribet amat sih bikinnya mudah banget dan simple pastinya, yang lebih penting  sih ramah di kantong.:D Bisa buat tambahan lauk baru ni, cara mengolah tempe kedelai(soya) yang biasanya sih hanya digoreng pakek tepung trus langsung dimakanJ. Ya emang gitu sih tahap akhirnya (dimakan)betulkan? banget. hehehe:)


Ngomong-ngomong soal tempe, kalo ada yang masih belum tahu apa itu tempe? Haduh kudet banget sih kayaknya:D. Tapi tenang aja aku bakal jelasin kok dengan lebih rinci supaya kalian pahamkan, apa itu tempe??? Tempe adalah makanan yang asalnya dari kacang soya yang difermentasikan menggunakan ragi tempe. Selain itu, terdapat juga makanan serupa tempe yang bukan dari kacang soya yang juga disebut tempe.
Ragi tempe yang mengubah bentuk kacang soya menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya dengan serat, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai perobatan, seperti antibiotik untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan bagi pencegah penyakit degeneratif.
Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan struktur kulat yang menghubungkan biji-biji soya sehingga terbentuk tekstur yang padat. Berbeda dengan tahu, tempe rasanya agak masam.Tempe sangat popular di Indonesia, namun sekarang ini telah terkenal di serata pelosok dunia. Bagi golongan vegetarian di seluruh dunia, tempe sebagai pengganti daging. Oleh itu tempe dikeluarkan diserata tempat di dunia, tidak hanya di Indonesia.
Bagaimana? Apakah sudah jelas? So pasti sudahkan. Mau buat kah? Terus scroll kebawah yya.!!! Happyreading!

~BAHAN-BAHAN :
-     Tempe kedelai
-     Telur
-     Tepung bumbu
-     Bawang putih
-     Ketumbar
-     Garam


~CARA MEMBUAT :
1.  Potong  tempe terlebih dahulu, agar mudah dihancurkan. Setelah itu, hancurkan tempe menggunakan uleg sampai tempe halus dan mudah dibentuk.




2.  Haluskan bumbu seperti ketumbar, bawang putih dll.



3.  Masukkan bumbu yang sudah halus kedalam tempe yang sudah dihancurkan.


4.  Tambahkan pula telur, tepung bumbu dll.




5.  Aduk sampai rata semua bahan yang sudah dimasukkan.



6.  Apabila sudah tercampur rata, mulailah dengan membulat-bulatkan adonan tempe tersebut sesuai ukuran dan selera anda.


7.  Siapkan wajan dan panaskan, masukkan satu persatu bola bola tempedengan hati-hati.


8.  Goreng hingga berwarna keemas-emasan,


Lalu angkat,
Dan tiriskan.

9.  Siapkan tempat untuk bola bola tempe yang sudah matang, lalu sajikan!


Dan buat selera makanmu menjadi lebih nikmat dengan tambahan lauk.:):)
So, simpelkan? Coba dirumah yya...


 Selamat mencoba readers, semoga kalian suka! 
 Tunggu post-post aku selanjutnya yaaa...thanks:)

Wassalamualaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resensi Buku Ilmiah "Biokimia Teknik Penelitian"

RESENSI BUKU ILMIAH ' BIOKIMIA Teknik Penelitian' Judul Buku    : BIOKIMIA Teknik Penelitian Penulis            : Prof....